UNIKA Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA

Chrismastuti, Agnes Advensia (2008) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA. Pusat Pengkajian dan Pengembangan Akuntansi (P3A) Unika Soegijapranta. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF - Other
658Kb

Abstract

Mempersiapkan para lulusan pendidikan tinggi untuk lebih dapat berperilaku etis bukan merupakan tugas ringan. Sebelum para akademisi mendesain kurikulum yang diperkirakan dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan landasan moral perilaku etis seorang individu, akademisi perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku etis mahasiswa. Hal tersebut dapat tercermin dari perilaku yang ditunjukkan mahasiswa yaitu melakukan ketidakjujuran / kecurangan akademis (contohnya menyontek saat ujian). Sierless et al. [1980], penipuan / tindakan curang yang dilakukan mahasiswa di bangku sekolah, penipuan / tindakan curang di pendidikan tinggi kedokteran dengan penipuan / tindakan curang selama dalam pekerjaannya untuk merawat pasien. Temuan dari penelitiannya adalah tindakan curang di bangku sekolah merupakan sinyal yang mengindikasikan kecenderungan untuk melakukan praktik tidak etis selama menjalani karier kerjanya. Penelitian ini akan memberikan gambaran mengenai sifat, perilaku mahasiswa dan ketidakjujuran / kecurangan akademik yang mereka lakukan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecenderungan mahasiswa untuk melakukan kecurangan akademik dikembangkan dari penelitian Ameen et all (1996), yaitu faktor keyakinan nilai (beliefs), sifat Machiavellian, intensi melakukan tindakan curang, lingkungan, sanksi, dan potensi akademik (Indeks Prestasi Akademik). dan potensi / kemampuan akademik. Faktor-faktor lain yaitu nilai yang diyakini (beliefs), lingkungan, sinisme, gender, sanksi, dan intensi untuk melakukan tindakan curang di kemudian hari belum dapat dibuktikan pengaruhnya pada perbuatan curang. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penanaman nilai secara intensif yang dapat membentuk sifat mahasiswa harus dilakukan untuk membentuk karakter yang etis agar dapat diharapkan akan selalu berperilaku etis. Faktor-faktor eksternal saja seperti pemberian sanksi tidak cukup berpengaruh membentuk perilaku etis mahasiswa tidak cukup efektif juga untuk mencegah kecurangan dalam praktek akademik. Maka perlu dipikirkan model pembelajaran yang dapat membentuk sifat etis yang kuat dalam diri mahasiswa, sehingga di kemudian hari pun dapat diharapkan akan selalu berperilaku yang etis dan jujur. Bagi penelitian selanjutnya dapat dilakukan penyempurnaan instrumen, karena dalam penelitian ini cukup banyak item pertanyaan yang ternyata tidak valid. Kemudian juga penelitian selanjutnya dapat diarahkan untuk meneliti model atau metode pembelajaran, yang belum dilakukan dalam penelitian ini, yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter etis mahasiswa sebagai calon-calon akuntan yang diharapkan dapat mempertahankan nilai-nilai dan profesionalisme di kemudian hari. Key words : cheat, beliefs, Machivellian

Item Type:Other
Subjects:Philosophy and Psychology > Ethics
Divisions:Faculty of Economic And Businness > Department of Accounting
ID Code:6896
Deposited By:Agnes Advensia Chrismastuti
Deposited On:08 May 2013 14:51
Last Modified:08 May 2013 14:51

Repository Staff Only: item control page