UNIKA Repository

IMPLEMENTASI SURAT KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN RI NO. 128/MENKES/SK/II/2004 TENTANG KEBIJAKAN DASAR PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (STUDI KASUS MENGENAI PERANAN PUSKESMAS DI PUSKESMAS BERGAS, KABUPATEN SEMARANG)

Indriyastuti, Yunita Endah (2006) IMPLEMENTASI SURAT KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN RI NO. 128/MENKES/SK/II/2004 TENTANG KEBIJAKAN DASAR PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (STUDI KASUS MENGENAI PERANAN PUSKESMAS DI PUSKESMAS BERGAS, KABUPATEN SEMARANG). Other thesis, UNIKA Soegijapranata.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

668Kb

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah bermula dari kurangnya kesadaran dan standart kesehatan masyarakat serta adanya tujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat setiap orang agar derajat kesehatan masyarakat yang optimal dapat terwujud. Oleh karena itu untuk mewujudkannya maka dibangunlah beberapa sarana kesehatan, salah satunya adalah Puskesmas. Untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan dan fasilitas kesehatan yang maksimal pada ke 13 desa tersebut Puskesmas harus berkerja secara profesional dan mempunyai struktur organisasi yang teratur. Selain itu Puskesmas Bergas juga mendirikan 4 Puskesmas Pembantu (Pustu) dan 4 Poliklinik Desa (Polindes). Sedangkan tenaga kesehatan di Puskesmas Bergas di bagi menjadi 2 yaitu tenaga kesehatan medis yang terdiri dari dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan non medis yang terdiri dari tenaga farmasi, tenaga laborat, tenaga kesehatan penyuluhan dan lingkungan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga tata usaha, tenaga gizi, tenaga sanitasi, dan sopir. Serta mengajak masyarakat Bergas untuk ikut berpartisipasi dalam melakukan pelayanan kesehatan di wujudkan dengan adanya kader kesehatan.

Item Type:Thesis (Other)
Subjects:Social Sciences > Public Administration and Military Science > Government Policy
Divisions:Faculty of Law
ID Code:11178
Deposited By:mrs Rini Yastuti
Deposited On:03 Jul 2013 15:17
Last Modified:03 Jul 2013 15:17

Repository Staff Only: item control page